Mengenal Ubin Tegel| Membuat Ubin Bermotif Menarik dan Retro | Ragam Kerajinan Tangan

08.52


Mengenal Ubin Tegel , Membuat Ubin Bermotif Menarik dan Retro| ragam kerajinan. Trend yang kembali pada kurun klasik juga dihadapi dalam soal pemasangan ubin. Sekarang ini beberapa orang yang mau memiliki ruang klasik bernuansa vintage mampu dengan cara menempatkan tegel retro. Selain di Yogyakarta , animo ini tengah merambah lokasi Bali serta Jakarta. Hal ini dapat membuka kesempatan perjuangan baru.

Ubin Tegel


Ubin atau tegel dalam bahasa Jawa mempunyai banyak macam motif serta jenis. Satu diantara jenis ubin yang sekarang ini sedang animo di Yogyakarta ialah ubin motif klasik atau di kenal dengan nama tegel retro. Ubin yang di buat dari semen serta pasir ini dekat dengan histori Yogyakarta.

Aplikasi Ubin Tegel


Tehnik pembuatan tegel dengan cement floor tile itu dikenalkan bangsa Belanda pertama kalinya pada orang-orang Yogyakarta pada awal kurun ke-20. Tegel retro bahkan juga digunakan untuk lantai Keraton Yogyakarta serta bangunan kuno. Motifnya yang kuno , tegel retro memberi nuansa classic pada bangunan.

Ragam Corak Ubin Tegel

Mengenal Ubin Tegel , Membuat Ubin Bermotif Menarik dan Retro


Tidak cuma menghiasi butik serta kafe , tegel retro juga menghiasi sebagian hotel di Jakarta serta Bali. " Ruang tampak lebih terkesan retro , " tutur Sukiman , yang memiliki CV Megah Jaya , yang menghasilkan tegel retro. 

Menjual tegel mulai semenjak th. 1999 , Sukiman awal mulanya ialah buruh di pabrik tegel selama 5th. Menurut dia , Selain membuahkan nuansa klasik , pemakaian tegel juga lebih untungkan. Dibanding dengan keramik serta porselen , tegel mempunyai pori-pori hingga tak mudah pecah jika terkena suhu panas. 

Proses Ubin Tegel


Selain corak polos , tegel retro juga di buat dengan motif bunga , daun , batik , bentuk-bentuk geometris , hingga bentuk-bentuk dekoratif lain. Harga untuk tegel polos Rp 60.000 per m² , sedang tegel motif Rp 165.000 per m². Dari melaksanakan urusan ekonomi tegel ini , Sukiman dapat mengantongi omzet Rp 15 juta per bln luar biasa bukan..

Ragam Motif Ubin Tegel


Tidak cuma Sukiman yang melaksanakan perjuangan pembuatan tegel retro. Riwanto , yang memiliki CV. Tegel Wong Yogya juga telah berkiprah di perjuangan ini mulai semenjak 10 th yang lalu. Ia mengklaim tegelnya lebih unggul dibanding dengan tegel produksi lain lantaran , menggabungkan motif Melayu. 

Dari perjuangan ini , Riwanto dapat beroleh omzet Rp 9 juta satu bulan. Omzet itu didapat dari penjualan tegel polos Rp 60.000 per m² , serta motif warna-warni Rp 160.000 per m². 

Riwanto menuturkan , tegel di buat dalam beberapa langkah proses produksi. Yakni , pengayakan pasir serta semen , pencetakan , serta pemberian warna. Tidak cuma itu , supaya kuat tegel juga mesti lewat sistem pengeringan awal , perendaman , pengeringan tamat serta pengepakan. " Perlu pengalaman bertahun-tahun untuk dapat kuasai tekniknya , " tutur Riwanto. 

Perendaman jadi sistem yang sangatlah utama sesudah tegel lewat pengeringan pertama. Perendaman sepanjang 24 jam itu berperan untuk merapatkan pori-pori tegel serta menguatkan susunan hingga tidak gampang pecah. Sesudah di rendam , barulah tegel masuk step pengeringan tamat sepanjang empat-lima hari. 

Baik Sukiman ataupun Riwanto mengakui animo cita-cita tegel retro sudah menanjak mulai semenjak 5th terakhir. Hal semacam ini bersamaan banyak customer yang mau kembali mempunyai ubin dengan design tempo dahulu yang lebih artistik.


Demikianlah artikel dari blog ragamkerajinantangan yang pada kesempatan kali ini membahas tentang Mengenal Ubin Tegel , Membuat Ubin Bermotif Menarik dan Retro , agar dengan membaca artikel ini dapat menambah pengetahuan anda seputar kerajinan asli Indonesia.

You Might Also Like

2 komentar

  1. Dalam permainan poker dan domino 99 online membutuhkan banyak strategi untuk menang,
    memanfaatkan kartu bagus, ronde, waktu, taktik mengertak dan menipu lawan anda.
    seperti dalam semua varian poker, setiap individu bersaing untuk sejumlah uang atau chip yang diberikan oleh para pemain,
    dengan proses pembagian kartu secara acak. (PIN BBM: 7AC8D76B)

    BalasHapus
  2. Casino Player Hits $1,021,000 Chip In December - JTG Hub
    JTG 상주 출장마사지 is giving you the 논산 출장안마 chance to 성남 출장안마 win some FREE bonuses! For example, if you win a $1,021,000 순천 출장마사지 Chip in a single game you will 동해 출장마사지 receive $100

    BalasHapus