Ruli Blogs | Kreasi Kerajinan Dari Kertas Origami Dan Sejarahnya

16.09

Kreasi Kerajinan Dari Kertas Origami Dan SejarahnyaOrigami sudah banyak di kenal di aneka macam belahan dunia , mulai dari tingkat TK hingga orang cukup umur juga menyukai kesenian melipat kertas ini , namun tahu kah kau awal mula dan dari mana origami berasal , yuk simak sejarah awal origami di bawah ini :


Pengertian Origami

Origami (折り紙) dari ori yang bermakna “lipat” , serta gami yang bermakna “kertas” yaitu seni tradisional melipat kertas yang menjelma satu bentuk kesenian yang menarik.

Origami yaitu suatu kesenian melipat yang datang dari negara Jepang. Bahan yang dipakai yaitu kertas atau kain yang umumnya berbentuk persegi. Menghasilkan suatu karya origami yaitu satu hasil kerja tangan yang begitu cermat.

Pada umumnya untuk membuat origami kita bisa memakai kertas mirip biasa tetapi umumnya origami di Jepang memakai kertas khusus untuk origami. Perbedaan pada kertas yang biasa dengan kertas origami hanya dari segi bentuk dan warna saja. Dengan keragaman warna kertas origami banyak orang yang bisa menghasilkan suatu bentuk kerajinan origami yang mudah hingga ke bentuk yang cukup kompleks dan butuh kesabaran
               

Sejarah Origami di Jepang

 Origami yaitu satu kesenian melipat kertas yang dipercayai semenjak kertas mulai dikenalkan pada abad pertama di Tiongkok pada th 105 oleh seseorang Tiongkok yang berjulukan Ts’ai Lun.

Pada abad ke-6 , cara membuat kertas kemudian dibawa ke Spanyol oleh beberapa orang Arab. Pada th 610 di dikala pemerintahan kaisar wanita Suiko (jaman Asuka) , seorang biksu Buddha berjulukan Donchō (Dokyo) yang datang dari Goguryeo (semenanjung Korea) datang ke Jepang mengenalkan cara membuat kertas serta tinta. Lalu seni ini berkembang awal mulanya pada jaman Muromachi (1333-1568) dan kemudian pada jaman Edo (1603–1868). Lantaran harga nya yang begitu mahal pada dikala itu , pemakaiannya sangat terbatas hanya di gunakan pada kegiatan tertentu saja mirip seremonial untuk Noshi. Di bagian negara lain , berkembang juga kesenian melipat kertas di Eropa , yang disebarkan dari Mesir serta Mesopotamia ke Spanyol pada abad ke-16 lalu menyebar ke semua Eropa barat.

Menghasilkan Satu karya origami tradisional berupa bangau membutuhkan waktu yang lama , beberapa jenis yang cukup di kenal pada kalangan terbatas di Jepang dan pajarita di Spanyol yaitu Bangau. Akira Yoshizawa (1911–2005) membuat inovasi dengan membuat beberapa jenis baru yang kemudian mengakibatkan perubahan besar dalam origami. Beliau membuat satu system penggambaran systemastis (yang dimaksud diagram)) untuk mengambarkan berapa langkah pelipatan satu bentuk yang bisa disebarluaskan serta dipahami oleh banyaknya pihak. System ini yaitu dasar dari System Yoshizawa-Randlett yang dikala ini umum dipakai untuk kesenian melipat jenis origami.

Origami cukup popular di kelompok orang Jepang hingga hingga dikala ini , terlebih dengan kertas lokal Jepang yang sering di sebut Washi. Washi (' , Washi?) atau Wagami yaitu semacam kertas yang di buat dengan cara tradisional di Jepang. Dibanding kertas produksi mesin , serat dalam washi lebih panjang hingga washi dapat di buat lebih tipis , tetapi bisa bertahan lama , tidak gampang lusuh ataupun sobek. Origami yaitu kerajinan tangan dari kertas dan menjadi kesenian tradisional dari Jepang.

Produksi washi sering kali tidak bisa memenuhi cita-cita customer hingga karenanya mengakibatkan bernilai mahal. Di Jepang , washi dipakai dalam beragam jenis benda kerajinan dan seni mirip Origami , Shodō serta Ukiyo-e. Washi juga dipakai sebagai hiasan dalam agama Shinto , bahan pembuatan patung Buddha , bahan furniture , alas sashimi dalam paket , bahan peralatan tidur , bahan baju mirip kimono , dan bahan interior daerah tinggal serta pelapis pintu dorong.

Di Jepang , washi juga di gunakan sebagai bahan uang kertas sehingga uang kertas yang dihasilkan menjadi lebih kuat dan tak gampang lusuh.

Seorang seniman dalam Origami

Seseorang pembuat origami biasa disebut sebagai paperfolder (pelipat kertas).
Saat ini seni origami telah berkembang semakin maju dan banyak seniman origami bermunculan. Origami yang di ciptakan oleh kelompok seniman ini benar benar begitu cantik bercita rasa seni yang begitu tinggi. Sulit untuk dipercaya kalau banyak bentuk yang dapat di ciptakan oleh selembar kertas utuh tanpa adanya potongan maupun menggunakan perekat berupa lem hanya mengandalkan lipatan saja. Satu diantara seniman origami paling terkenal sekarang ini yaitu Satoshi Kamiya yang dapat membuat beragam bentuk origami hanya dari selembar kertas dan sesekali lagi tanpa ada proses memotong. Karya origami berupa seekor naga menurutnya yaitu yang paling susah lantaran memerlukan waktu hingga beberapa bulan untuk mengerjakannya.

Perkembangan Origami di Jepang

Beberapa Sejarahwan menyebutkan origami datang dari negeri asal kertas , yaitu Cina. Tetapi perubahan origami hingga jadi bentuk seni mirip sekarang ini memanglah bermula di Jepang. Awal mulanya origami dipraktekkan oleh golongan bangsawan serta agamawan di Jepang untuk membuat hiasan dekorasi sebagai hiasan pada upacara tradisional serta keagamaan. Dengan seiring berjalannya waktu origami makin popular hingga jadi kesenian masyarakat Jepang

Perubahan origami modern dipelopori oleh Akira Yoshizawa dari Jepang pada th 1950’an. Akira mempelopori origami modern dengan membuat origami mengambil beragam jenis realistik dari binatang , benda atau bentuk-bentuk dekoratif. Jenis origami ini berbeda dengan origami tradisonal Jepang yang sudah di kenal terlebih dulu. Beberapa ribu jenis origami sudah sukses di buat oleh Akira.

Selain mempelopori beragam jenis origami baru , Akira juga turut andil dalam memperlihatkan sumbangan besar untuk perubahan origami dengan mengenalkan Tehnik lipatan basah serta diagram “Yoshizawa-Randlett”. Lipatan basah yaitu tehnik baru dalam melipat kertas lewat cara membasahi kertas lebih dahulu supaya lentur hingga gampang dibuat. Sedang diagram “Yoshizawa-Randlett” yaitu diagram mengenai langkah penulisan isyarat cara membuat jenis origami dengan memakai beberapa lambang mirip panah serta garis. Diagram “Yoshizawa-Randlett” berkhasiat sekali untuk mempermudah kelompok pecinta origami di beerbagai belahan dunia semoga mengerti cara membuat origami , hingga dikala ini sudah di terima dan digunakan di seluruh dunia sebagai diagram baku dalam penulisan isyarat cara membuat aneka macam jenis origami.

Setelah kita mengetahui wacana sejarah dari origami sekarang saatnya kita coba kenali beberapa kerajinan dari kertas origami. Cara membuat kerajinan dari kertas origami hasilnya akan lebih baik dibandingkan membuat kerajinan tangan dari koran bekas. Yuk simak beberapa pola kerajinan yang bisa di buat dari kertas origami.

Cara Membuat kupu-kupu dari kertas origami

Dalam membuat kupu-kupu dari kertas origami ada bermacam bentuk mulai dari yang mudah hingga yang membutuhkan kesabaran dan keuletan dalam membuatnya.
Untuk membuat kerajinan tangan dari kertas berbentuk kupu-kupu yang anda utuhkan yaitu beberapa bahan mirip kertas lipat warna-warni dengan ukuran 15×15 cm. Untuk hasil yang baik disarankan menggunakan kertas lipat yang memiliki warna berbeda anata ke-2 sisinya , namun apabila hanya memiliki 1 warna saja , kau masih bisa juga kok untuk tetap membuatnya.

Selain menggunakan kertas origami atau kertas bekas adajuga yang memanfaatkan kertas kado untuk membuatnya. Bahan lain yang di butuhkan setelah kertas adah pita atau benang dengan panjang 15 cm , nanti pita ini kita pakai untuk menggantung kupu-kupu yang telah jadi.

Berikut ini yaitu langkah dan proses pembuatan kupu-kupu dari kertas

  • Langkah pertama lipatlah kertas membuat diagonal untuk bentuk segitiga.
  • Lipat kertas dengan cara zigzag di mulai dari tengah lipatan hingga ke tengah garis , lebar lipatan kertas sekitaran 1 cm.
  • Ulangilah langkah no 2 untuk sisi segi kertas yang lain. Buat satu lagi kertas dengan tekukan yang sama persis.
  • Ikat 2 kertas yang telah dilipat tadi di bagian tengah kertas memakai pipa warna. Seperti pada gambar di bawah ini
Cara Membuat Kupu-Kupu Dari Kertas

  • Kemudian setelah di ikat selanjutnya menekuk dan bentuk pipa warna itu hingga mirip antena kupu-kupu.
Cara Membuat Kupu-Kupu Dari Kertas

Cara Membuat Kupu-Kupu Dari Kertas

Cara Membuat Kupu-Kupu Dari Kertas

  • Buka kertas yang ada di tepi lipatan supaya terlihat mirip sayap kupu-kupu yang lucu.
  • Buatlah lagi beberapa kupu-kupu kertas sesuai denagan yang anda inginkan dengan campuran beragam macam warna.
  • Rangkai semuanya kupu-kupu itu lewat cara memasukan pita warna ke sisi tengah badan kupu-kupu.

Gantung Kupu-Kupu Kertas di Dinding Kamar Anda


Rangkaian cantik kupu-kupu dengan beragam warna yang lucu sudah siap untuk jadikan hiasan atau dekorasi kamar perempuan , sehingga menjadi sebuah hiasan dinding yang unik dan penuh warna.

Cara Membuat Kupu-Kupu 3D Dari Kertas

Setelah berhasil membuat kupu-kupu kertas origami yang mudah saatnya lanjut kita coba membuat ke bentuk 3D nya , untuk alat dan bahan yang di gunakan masih sama mirip di atas. Berikut langkah dan proses pembuatanya ya :

Cara Membuat Kupu-kupu Kertas 3D

Cara Membuat Kupu-kupu Kertas 3D

Cara Membuat Kupu-kupu Kertas 3D

Cara Membuat Kupu-kupu Kertas 3D

Cara Membuat Kupu-kupu Kertas 3D

Cara Membuat Kupu-kupu Kertas 3D
Nah setelah kau berhasil mengikuti dan melipat sesuai petunjuk pada ga ,bar di atas , kau sudah memiliki 1 buah kupu-kupu versi 3 dimensi yang cantik , buatlah lebih banyak dengan warna atau motif yang berbeda sehingga bisa kau gunakan untung menghias kamar atau dinding kamar.

Cara Membuat Bunga Dari Kertas Origami

Setelah berhasil membuat kerajinan dari kertas origami berbentuk kupu-kupu , selanjutnya yang akan kita coba yaitu cara membuat bunga dari kertas. Karena origami faunanya di wakili oleh kupu-kupu semoga seimbang floranya di wakili oleh bunga ya heheh....

Cara membuat bunga dari Kertas bisa menggunakan beberapa jenis kertas mirip kertas bekas , koran bekas , kertas origami ataupun kertas kado , Namun semoga tampilan dan hasilnya lebih baik jikalau menggunakan kertas origami atau kertas kado lebih di sarankan.

Alat dan bahan yang harus di siapkan yaitu :
  • Kertas origami/ kertas kado
  • Gunting
  • Lem


Untuk Proses pembuatnya bisa kau ikuti lengkapnya di bawah ini ya dan di lengkapi dengan gambar yang bisa kau gunakan sebagai pola dan panduan untuk membuatnya.

Langkah pertama yang harus kau buat yaitu membuat 1 sisi dari bunga yang nantinya akan di gabungkan satu dengan lainya , Kamu nanti akan membuat 5 potongan yang akan digabungkan. proses pembuatanya bisa kau ikuti mirip pada gambar di bawah ini ya :

Cara Membuat Bunga Dari Kertas Origami


Setelah ke 5 sisi potongan bunga berhasil kau buat langkah selanjutnya yaitu menggabungkanya menjadi 1 dengan bantuan lem kertas , jikalau kau menggunakan beragam warna ataupun menggunakan kertas bercorak mirip kertas kado hasilnya akan lebih cantik.

Berikan kawat pada bagian bawah bunga , sebab nantinya bunga kertas yang sudah kau buat akan di jadikan satu lagi dengan beberapa bunga dan nantinya akan di masukan ke dalam pot bunga.



Kerajinan Dari kertas Origami Membuat Bunga Mawar




Setelah kau berhasil membuat bunga kertas dari origami di atas , kau juga bisa mencoba membuat kerajinan dari kertas origami berbentuk bunga mawar ,  Bentuk yang akan di buat mirip pada gambar di atas kau bisa menggunakan 1 warna atau campuran aneka macam warna.

Demikianlah artikel dari ragam kerajinan tangan yang kali ini sudah membahas tentang Kreasi Kerajinan Dari Kertas Origami Dan Sejarahnya. Apakah kau tertarik untuk mencoba salah satunya. Pada kesempatan selanjutnya akan ada lagi artikel wacana membuat beragam kerajinan dari kertas origami.


Tag : kerajinan dari kertas origami , Cara membuat kupu-kupu dari kertas , kerajinan tangan dari kertas dan cara membuatnya , cara membuat kerajinan tangan dari kertas , hiasan dinding dari kertas , hiasan dinding dari origami , hiasan kamar dari kertas

You Might Also Like

0 komentar